0
fawaz.id

Sebutkan kebiasaan buruk Anda? 

Pada umumnya, penyebab pokok hilangnya keseimbangan ada hubungannya dengan kebiasaan buruk yang telah menjadi bagian dari cara kerja normal Anda sehari-hari.

Kebiasaan ini mungkin berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan Anda. Mungkin kebiasaan makan Anda buruk karena tidak punya cukup waktu dalam hari yang sangat sibuk untuk sedikit lebih berusaha mendapatkan makan siang yang lebih sehat. Atau mungkin olahraga Anda adalah bergulat membuka sekantong kripik yang kadang-kadang merupakan satu-satunya makanan Anda sepanjang hari.

Atau mungkin Anda meminum banyak kopi untuk melawan rasa lelah karena jam kerja yang semakin panjang. Atau bahkan Anda tidak mampu lagi membuat keputusan sederhana sekalipun karena pikiran Anda terlalu penuh.

Apa pun kebiasaan buruk itu, yakinlah bahwa Anda tidak sendirian. Kebiasaan buruk adalah bagian dari perjalanan membangun bisnis dan saya pernah memiliki semuanya. Namun, saya tahu bahwa kebiasaan buruk ini akan menjerat jika Anda tidak mengatasinya dan menurut pengalaman, kebiasaan buruk sangat sulit dihilangkan. Seperti merokok, kebiasaan itu mudah dimulai, tapi luar biasa sulit dihentikan.

Tidak semua kebiasaan buruk terlihat jelas. Kadangkala yang signifikan adalah hal-hal yang tidak Anda lakukan. Seperti tidak meluangkan cukup waktu untuk bersantai, tidak mengisi ulang baterai Anda dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai. Pada umumnya, ini adalah hasil sampingan dari kebiasaan buruk yang kita pelihara tapi Anda juga harus menuliskannya untuk membantu Anda memulai proses perubahan.

Apa yang bisa saya lakukan hari ini? 

Buat daftar rinci berisi semua kebiasaan buruk yang telah Anda kembangkan dan pengaruhnya terhadap diri Anda. Tulis dengan jujur, spesifik, dan bersiaplah untuk sedikit terkejut. Jika Anda tidak nyaman dengan kebiasaan buruk ini, jangan perlihatkan ke orang lain, tapi tetap tuliskan dengan serius. Tuliskan semuanya.

Ketahui dengan jelas seperti apa wujud dan rasa hidup yang Anda inginkan 

Sama pentingnya dengan meluangkan waktu untuk duduk dan merenungkan hidup Anda hari ini, penting juga untuk mengetahui dengan jelas tentang hidup seperti apa yang Anda inginkan atau seperti apa wujud dan rasa hidup yang Anda inginkan, sejak saat ini.

Saya telah merasakan bahwa dengan mengetahui dengan jelas hal ini, hal-hal lainnya akan menjadi jelas juga. Semakin spesifik Anda mengetahui hidup seperti apa yang diinginkan, semakin besar kemungkinan Anda bisa mencapainya.

Seringkali sulit untuk mengetahui dengan jelas apa yang kita inginkan dalam hidup. Berhadapan dengan selembar kertas kosong, saya kesulitan dan membutuhkan waktu lama untuk berusaha menuliskan bagaimana saya ingin hidup saya terlihat atau bagaimana saya ingin bisnis saya atau tubuh saya terlihat. Saya menemukan bahwa lebih mudah untuk terlebih dulu menuliskan hal-hal yang tidak saya inginkan ini jauh mempermudah proses mencari tahu apa yang saya inginkan.

Sebelum mendirikan perusahaan pemasaran, saya telah melakukan berbagai macam bisnis. Saya pernah menjadi penyelam komersial, menjalankan perusahaan perjalanan kecil-kecilan, bekerja keliling dunia sebagai penjual profesional, menjual ensiklopedia dari pintu ke pintu, dan masih banyak lagi. Saya telah sampai ke persimpangan dalam hidup dan berusaha memutuskan apa yang ingin saya lakukan. Jadi, saya menuliskan semua hal yang saya sukai dari setiap profesi yang pernah saya jalankan dan semua hal yang tidak saya sukai darinya, dan dari daftar itu saya menentukan jenis bisnis seperti apa yang saya inginkan sekarang.

Hasilnya sangat spesifik. Saya pernah menghabiskan banyak waktu di luar ruang dan kedinginan. Oleh sebab itu, hari ini saya tinggal di daerah tropis, tapi saya tidak mau bekerja di luar ruang. Dulu saat menjalankan perusahaan perjalanan, saya harus siap dipanggil 24 jam sehari, tapi sekarang saya tidak mau lagi menjawab panggilan telepon pada jam 3 pagi. Yang jelas saya tidak mau mengetuk pintu untuk menjual apa pun lagi, tapi saya ingin bertemu dengan banyak orang dan bepergian.

Hasil dari peleburan ini adalah serangkaian kriteria yang sangat jelas untuk bisnis saya selanjutnya dan itulah awal mula saya menjadi penulis dan konsultan pemasaran.

Jadi, saat membicarakan tentang merebut kembali kendali hidup dan mampu menjaga keseimbangan antara bisnis dan kehidupan, kita harus mengetahui apa tepatnya arti semua itu bagi kita sebagai individu.

Semua itu akan lebih nyata jika Anda menuliskannya. Terserah Anda bagaimana menuliskannya dalam bentuk daftar, tabel, dan diagram alur. Tuliskan seperti apa tepatnya wujud hidup yang diingingkan. Tulis dengan sangat spesifik. Jangan menuliskan bahwa Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama anak-anak Anda, tapi tuliskan seberapa banyak waktu. Jika Anda tidak ingin memiliki jam kerja sepanjang ini, tuliskan berapa lama jam kerja yang diinginkan. Jika Anda ingin menghasilkan lebih banyak uang, tuliskan seberapa banyak. Hal-hal yang spesifik akan menjadi kenyataan. Gol yang mengawang-awang dan tidak spesifik jarang bisa tercapai.

Semakin spesifik gol Anda, semakin besar kemungkinan Anda membuatnya menjadi kenyataan.

Apa yang bisa saya lakukan hari ini? 

Hari ini adalah saatnya menuliskan gambaran seperti apa wujud dan rasa hidup yang diinginkan. Tuliskan dengan spesifik, tidak perlu terburu-buru, dan simpan daftar target Anda di tempat yang mencolok sehingga Anda bisa selalu melihatnya.

fawaz.id


Like it? Share with your friends!

0
fawazid

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *